Total Pageviews

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Pascaoperasi Pemisahan, Emilia Tinggalkan Amalia

Saturday, May 19, 2012



DENPASAR - Beberapa saat setelah menjalani operasi pemisahan dada, Emilia bayi kembar siam akhirnya meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar.

Emilia, nyawa gagal di selamatkan karena kondisinya sangat kritis usai operasi pemisahan dada dari saudara kembarnya, Amelia, pada Jumat kemarin.

"Emelia meninggal sekira pukul 20.00 Wita pada Jumat 18 Mei, beberapa saat usai menjalani operasi pemisahan," kata Sekretaris tim kembar Siam Dr Ken Wirasandi kepada wartawan, Sabtu (19/5/2012).

Untuk operasi pertama terhadap anak pasanganĂ‚  Ketut Suardhana dan Nyoman SuUkaranini asal Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng itu, dikerakan sebanyak 75 orang baik tenaga medik dan non medik.

Tim Medis tersebut terdiri dari 18 dokter spesialis dari RSUP Sanglah dan RS Dr Soetomo Surabaya yang tergabung dalam tim kembar siam.

Dijelaskannya, sejak awal tim kembar siam memang sudah memprediksi kecil kemungkinan operasi pemisahan bisa menyelamatkan kedua bayi kembar siam tersebut. Pasalnya, kondisi Emilia mengalami kelainan jantung cukup berat disertai hydrocephalus, sehingga kondisi tubuhnya terus melemah dari hari ke hari.
Ă‚ 
Akhirnya tim medis memutuskan untuk memisahkan bayi kembar berjenis kelamin perempuan dengan operasi agar tidak berdampak pada ketahanan saudara kembarnya.

Berbeda dengan saudaranya yang lebih dulu berpulang, kondisi Amelia pascaoperasi pemisahan justru mulai terlihat. Amelia telah dipindahkan ke ruang Neonatus Intensive Care Unit ( NICU) untuk menjalani masa observasi pemulihan.

Sebelumnya, operasi perdana pemisahan bayi kembar siam dilaksanakan kemarin pukul 16.00 Wita, di ruang Instalasi Bedah Sentral (IBS) RS Sanglah.

Langkah operasi disetujui kedua orang tuanya dengan menandatangani surat persetujuan di hadapan tim medis yang akan menagani operasi. Dengan linangan air mata, kedua orang tua bayi kembar siam saat menandatangani surat persetujuan operasi.

Sebelumnya pada Kamis malam, salah seorang bayi kondisi kesehatannya menurun namun keesokan harinya dinyatakan aman untuk menjalani operasi.
(ris)




Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Plugin Wordpress | Android Forums | Wordpress Tutorials

Sindikasi news.okezone.com

Pascaoperasi Pemisahan, Emilia Tinggalkan Amalia